Followers

Visitors

   

“Jangkrik, gangsir, walang kerik sudah lama bungkam. Gangsir menyembunyikan diri dalam liang di tanah yang disumbat dari dalam. Walang kerik membaurkan diri dengan warna hijau dedaunan. Dia hanya bisa diketahui bila ada embusan angin. Pada saat itulah naluri memerintahkannya menggesekkan sayap sehingga terjadi suara yang khas”.

“Tiga ujung kulup terarah pada titik yang sama. Currr. Kemudian Rasus, Warta, dan Darsun berpandangan. Ketiganya mengusap telapak tangan masing-masing. Dengan tekad terakhir mereka mencoba mencabut batang singkong itu kembali

Novel ini merupakan buku pertama dari trilogi ronggeng Ahmad Tohari. Ronggeng Dukuh Paruh: catatan buat emak”, menceritakan bagaimana awal mula Srinthil bisa menjadi ronggeng, setelah Dukuh Paruk menunggu kehadiran seorang ronggeng baru selama dua belas tahun. Ronggeng terakhir mereka ikut tewas dalam tragedi tempe bongkrek.Indang telah merasuk ke tubuh Srinthil, membuat Srinthil menjadi seorang ronggeng sejati. Pertemanan antara Srinthil dan Rasus telah menimbulkan rasa cinta di antara mereka, dan Srinthil menyerahkan keperawanannya kepada Rasus sebelum malam bukak klambu, dan hanya mereka berdua yang tahu. Rasus sendiri selalu mencari sosok Emaknya yang ikut tewas dalam tragedy tempe bongkrek.  Kecewa karena Dukuh Paruk merebut Srinthilnya, Rasus pergi meninggalkan Dukuh Paruk untuk kemudian menjadi tentara. Rasus juga menolak perkawinan yang ditawarkan Srinthil, dan memberikan Dukuh Paruk apa yang paling berharga buat mereka : seorang ronggeng.

0 comments

Post a Comment