Followers

Visitors

   

Novel ini adalah satu-satunya karya Achdiat Karta Mihardja yang terbit di Indonesia. ATHEIS menceritakan tokoh Hasan yang sejak kecil dididik oleh orang tuanya dengan disiplin agama yang ketat. Namun, bekal pendidikan dalam keluarga ini tampaknya mudah sekali goyah oleh pola pikir lain begitu si anak menginjak dewasa. Hasan ternyata belum memegang teguh prinsip agama, hingga akhirnya ia terhasut dengan keyakinan tentang tidak adanya Tuhan. Pendidikan keluarga yang ketat mudah sekali berubah karena persoalan pergaulan.


Di akhir novel, penyesalan tokoh Hasan ternyata tidak dimaafkan oleh ayahnya yang sudah terlanjur kecewa dan sakit hati. Dan maaf itupun tidak ia dapatkan hingga akhir hayatnya, ia mati tertembak ketika ingin membalas dendam pada Anwar

ATHEIS, sebuah kisah menarik tentang konflik ayah dengan anak dalam keluarga, tentang akibat-akibat pergaulan di masa muda, dan tentang pilihan dalam menjalani hidup di dunia ini. ATHEIS sebenarnya merupakan kisah flashback tokoh Hasan, Kisah itu diceritakan kembali oleh narator yang sedang membaca kisah hidup si Hasan. 

0 comments

Post a Comment