Followers

Visitors

   

Bahasa Sansekerta mempunyai nilai logika, etika, dan estetika yang sangat tinggi dalam lingkungan kebudayaan Jawa. Sejak dulu kala, bahasa Sansekerta digunakan dalam penyebaran dan pengembangan ilmu pengetahuan. Banyak kitab Jawa Kuno yang ditulis dengan menggunakan unsur serapan bahasa Sansekerta. Pada perkembangannya, bahasa ini lebih popular dengan sebutan bahasa Kawi.

Kawi dalam makna harafiah berarti pujangga. Bahasa Kami berarti bahasa yang digunakan para pujangga. Dan memang begitulah faktanya. Bahasa Sansekerta memang digunakan oleh para cerdik cendekia, ilmuwan, dan bangsawan. Hal inilah yang menyebabkan bahasa ini memiliki kedudukan yang sangat tinggi dalam masyarakat Jawa. Komunikasi antarkelas menengah kerapkali diukur dari tinggi rendahnya seseorang dalam berbahasa.

Karya sastra yang berkualitas, filosofis, selalu memakai barometer  parama sastra, parama kawi, mardawa lagu, nawung kridha, dan sambegana. Kamus ini menjadi kunci untuk membuka dan memahami lembaran kebudayaan Jawa yang sudah berabad-abad. Sebuah kamus yang dapat digunakan oleh siapa saja.

0 comments

Post a Comment