Followers

Visitors

   

"Setiap pengalaman yang tidak dinilai baik oleh dirinya sendiri ataupun orang lain akan tinggal menjadi sesobek kertas dari buku hidup yang tidak punya makna. Padahal setiap pengalaman tak lain daripada fondasi kehidupan" 

"Barang siapa mempunyai sumbangan pada kemanusian dia tetap terhormat sepanjang jaman, bukan kehormatan sementara. Mungkin orang itu tidak mendapatkan sesuatu sukses dalam hidupnya, mungkin dia tidak mempunyai sahabat, mungkin tak mempunyai kekuasaan barang secuwil pun. Namun umat manusia akan menghormati karena jasa-jasanya." 

Nyanyi Sunyi Seorang Bisu adalah satu-satunya karya non-fiksi Pramoedya semasa menjadi tahanan politik. Buku ini merupakan kumpulan catatan dan surat-surat pribadi kepada anak-anaknya yang tak pernah terkirimkan. Juga beberapa esai-esainya. Buku ini berisi pula renungan/refleksi pribadi Pram sebagai ayah, sebagai suami, sebagai pengarang, sebagai tahanan politik yang telah merampas harta bendanya: buku, naskah, dokumentasi, rumah, sampai hak-hak kewarganegaraannya sekaligus kemanusiaannya

0 comments

Post a Comment